Cara Screenshot OPPO Reno8 5G dengan atau Tanpa Tombol

OPPO memperkenalkan ponsel terbarunya di keluarga RENO Series, yakni OPPO Reno8 5G. Ponsel penerus OPPO Reno 7 ini membawa spesifikasi layar AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi FHD+ (2400 x 1080), refresh rate 90 Hz dan memiliki pelindung layar Corning Gorilla Glass 5.

Dengan harga Rp7 jutaan, OPPO Reno8 5G mengandalkan chipset Dimensity 1300 yang sudah menjalankan sistem Android 12 dan antarmuka ColorOs 12.1 dengan konfigurasi RAM 8 GB + internal 256 GB dengan teknologi penyimpanan UFS 3.1

Untuk spek kamera, OPPO Reno8 5G memiliki triple kamera, yaitu 50 MP + 8 MP + 2 MP dan untuk kamera selfie memiliki 32 MP yang sudah mendukung gyro-EIS, baik di kamera depan maupun belakang.

Oppo Reno 8 Series

Fitur-fitur canggih seperti mendukung NFC, Wifi 6, Apx HD, sidik jari di layar, USB Type-C, OPPO Reno8 5G memiliki fitur bermanfaat yaitu fitur capture atau screenshot.

Fitur screenshot mungkin sudah tak asing lagi dan bahkan fitur ini sering di gunakan oleh pengguna ponsel maupun di PC. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil gambar yang tampil di layar ponsel Anda. Untuk mengambil screenshot di HP OPPO Reno8 5G, silakan ikuti langkah-langkah berikut dengan beberapa metode yang bisa Anda coba satu persatu.

Cara Screenshot OPPO Reno8 5G dengan Tombol

Dengan Tombol

Mengambil screenshot dengan tombol fisik adalah cara tradisional dan semua jenis ponsel Android sudah mendukung.

  • Cari area layar yang akan di screenshot.
  • Gunakan jari Anda untuk menekan kedua tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
  • Lepaskan jari Anda apabila layar berkedip atau terdengar suara, karena screenshot berhasil di ambil.

Cara Screenshot OPPO Reno8 5G tanpa Tombol

Terlalu sering menggunakan tombol untuk mengambil screenshot membuat hp Anda cepat rusak. Untuk itu, OPPO Reno8 5G memiliki beberapa metode agar ponselmu menjadi awet dan tahan lama terutama di bagian tombol.

Dengan Pusat Kontrol

Pusat kontrol adalah kumpulan menu pintasan di atas bilah notifikasi untuk mengakses fitur-fitur ponsel secara cepat. Di menu tersebut, Anda dapat mengambil screenshot tanpa tombol fisik.

  • Tarik bilah notifikasi dari atas dengan 2 jari atau 1 jari (hingga 2 kali).
  • Pilih shortcut Cuplikan layar.
  • Layar berkedip atau bersuara menandakan screenshot berhasil di ambil.

Dengan Tiga Jari

Selain pusat kontrol, Anda dapat mengambil screenshot dengan meletakkan tiga jari Anda di layar lalu geser ke bawah. Untuk mengaktifkan metode ini, Anda harus mengaktifkan dari Pengaturan > Pengaturan sistem > Gestur & gerakan > Usap turun dengan 3 jari untuk gambar layar.

Dengan Bilah Samping Cerdas

Hampir sama dengan Panel Edge fitur milik Samsung, OPPO juga memiliki dengan nama smart sidebar atau sering di sebut bilah samping cerdas. Jika di aktifkan, akan muncul garis putih di tepi layar. Untuk mengambil screenshot dengan ini, Anda cukup swipe garis tersebut ke tengah layar, lalu pilih Gambar layar untuk mengambil screenshot pada area layar yang telah di tentukan. Jika fitur ini belum aktif di HP Anda, silakan aktifkan terlebih dahulu.

  • Pergi ke Pengaturan.
  • Gulir di bawah, lalu pilih Fitur khusus.
  • Pilih Bilah samping cerdas.
  • Aktifkan opsi Bilah Samping Cerdas.

Dengan Bola Asisten

Untuk mengambil screenshot dengan metode ini, silakan pergi ke Pengaturan > Pengaturan sistem > Bola Asisten > Bola Bantuan. Dan mode pengoperasian pilih Operasi gestur. Jika sudah di aktifkan, bola asisten akan muncul di sisi layar. Ketuk bola tersebut lalu pilih ikon Cuplikan layar untuk mengambil screenshot.

Screenshot Panjang

Mengambil screenshot panjang Anda harus mencari halaman yang bisa di gulir ke bawah. Setelah itu gunakan metode apapun  untuk mengambil screenshot. Jika berhasil di screenshot, lalu pilih alat pengguliran di bawahnya untuk mengambil screenshot panjang.

Nah, itu dia cara mengambil screenshot di HP OPPO Reno8 5G. Metode di atas bisa juga di HP OPPO Reno8 4G, Reno8 Pro, dan OPPO Reno atau seri lainnya. Selamat mencoba.

Artikulli paraprakCara Screenshot Vivo Y35 dengan atau Tanpa Tombol
Artikulli tjetërCara Menghapus Item dari Katalog di WhatsApp Business